-->

Apa itu Working From Home WFH dan Sederet Keuntungannya

Daftar isi: [Tampil]

Saat ini istilah WFH sering terdengar di mana-mana. Sebenarnya, apa itu WFH? Di tengah-tengah usaha pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona agar tidak meluas dengan cepat, banyak instansi yang membuat kebijakan bekerja dari rumah untuk karyawannya.


Bagi karyawan yang melakukan pekerjaan dari rumah, hal tersebut harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Banyak keuntungan yang bisa diambil oleh karyawan dari anjuran bekerja di rumah. Karyawan bisa bekerja secara fleksibel dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga.

Pengertian Working From Home

Working From Home atau yang lebih dikenal dengan singkatan WFH merupakan konsep bekerja dengan cara melakukan tugas atau pekerjaan dari rumah. Karyawan bisa bekerja dengan jam kerja yang lebih fleksibel ketika melakukan working from home. Salah satu keuntungan dari WFH adalah pekerja bisa lebih seimbang membagi waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Ilustrasi seseorang bekerja dari rumah
Ilustrasi seseorang bekerja dari rumah

Saat ini banyak tempat yang membuat peraturan untuk bekerja di rumah selama beberapa hari ke depan. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah penyebaran virus corona yang telah ada sejak bulan lalu. Namun, sebenarnya sistem bekerja dari rumah ini sudah ada sebelumnya dan beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja seperti itu.

Keuntungan Working From Home

Sebenarnya sistem Working From Home ini memiliki beberapa keuntungan bagi para pekerja maupun pihak karyawan. Beberapa keuntungan dari Working From Home, yaitu:


  1. Kesempatan bagi karyawan dengan kondisi tertentu

Jika ada peluang pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, orang-orang yang memiliki kondisi tertentu akan merasa diuntungkan dan bisa bekerja dengan mudah. Beberapa contoh kondisi karyawan yang memerlukan Working From Home, misalnya orang disabilitas atau karyawan yang memiliki anak dan tidak bisa ditinggalkan.


  1. Keseimbangan kehidupan kerja

Banyak orang yang mengatakan bahwa bekerja dari rumah membuat lebih fokus, sehingga pekerjaan bisa lebih cepat selesai. Suasana bekerja dari rumah juga bisa diatur dengan kondisi yang diinginkan dan karyawan merasa lebih nyaman dengan hal tersebut. Karyawan juga tidak perlu berangkat terlalu pagi dan pulang terlalu malam, karena perjalanan ke kantor yang jauh dan macet.


Referensi lainnya: Ini yang dimaksud teori belajar kognitif


  1. Meningkatnya motivasi karyawan

Bekerja dari rumah bisa membuat beberapa orang termotivasi dan karyawan ingin menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Apabila pekerjaan sudah selesai, karyawan bisa melakukan pekerjaan rumah lainnya dan berkumpul dengan keluarga.


  1. Penghematan bagi perusahaan

Working From Home juga memiliki keuntungan bagi perusahaan, salah satunya adalah penghematan. Perusahaan bisa lebih menghemat beberapa pengeluaran, seperti biaya listrik dan biaya infrastruktur kantor.


Walaupun bekerja di rumah, karyawan tidak seharusnya bekerja secara santai dan mengabaikan tugas-tugasnya. Sebaliknya, karyawan harus lebih termotivasi untuk bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik dan cepat agar bisa menghabiskan waktu bersama keluarga lebih lama. Karyawan harus tetap profesional dan bisa mengerjakan kewajibannya dengan sistem kerja Working From Home.

Post a Comment

Copyright © 2019

Bitnet.web.id